Minggu, 12 Juni 2011

Pengantar Teknologi Informasi


Program Aplikasi (Application Programs) adalah program yang digunakan khusus untuk tujuan tertentu atau Program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik. PC Software Characteristics are user-friendly, easy, Intuitive, and minimum training and documentation needed to use. Adapun pembagian Program Aplikasi antara lain: Word Processing (Pengolah kata)‏, Spreadsheet (Pengolah angka)‏, Presentasi, Database (Pengolah data)‏, Design Grafis (Pengolah Gambar)‏, CAD (Computer Aid Design)‏, Multimedia, dan Internet Browser.
Word Processing merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah kata, contoh Word Processing: Microsoft Word, Word Star, Open Office Writer, Word Perpect, dan Chiwriter.
Spreadsheet merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah angka, contoh Spreadsheet: Microsoft Excel, Open Office Calc, Lotus, dan Star Office Spreadsheet
 Presentasi merupakan aplikasi yang berorientasi pada pembuatan presentasi, contoh Presentasi: Microsoft Power Point, Open Office Impress, dan Macromedia Flash.
Database merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah data, contoh Database: Microsoft Access, dBase III, Foxpro, dan Open Office Base.
Design Grafis merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah gambar, Contoh Design Grafis: Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft, Picture Manager, Open Office Draw, dan Paint.
CAD (Computer Aid Design) merupakan aplikasi yang berorientasi pada rancangan bangunan dan mesin, Contoh CAD: AutoCAD dan 3D max.
Multimedia Design merupakan aplikasi yang digunakan untuk merubah data menjadi hiburan, Contoh Multimedia Design: Winamp, Media Player, Real Player, dan Cyberlink Power DVD.
Internet Browser merupakan aplikasi yang digunakan mencari informasi lewat internet, contoh Internet: Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Yahoo Messenger.
Program Bantu Sistem Operasi (Utility System), adalah program yang digunakan untuk membantu meningkatkan kinerja sistem operasi, Contoh Utility System antara: Program bantu untuk mengelola file, contoh: Norton Comander, Program bantu untuk mengecek hardisk yang rusak, contoh: Norton Disk Doctor, Program bantu untuk mengompres file, contoh: Winzip, Program bantu untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, contoh: TuneUp Utilities, dan Program bantu untuk menjaga keamanan komputer, contoh: Anti Virus.
Software aplikasi yang umum digunakan dan perlu dipelajari adalah: Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar