PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PROGRAM PASCASARJANA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN GARUTI
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Informasi
JAWABAN UTS
Bagian A
1. Pengertian Teknologi Informasi ialah Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis
Definisi dari Teknologi Informasi menurut beberapa ahli adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi
Kegiatan yang terjadi : Record, Store, Process, Retrieve, Transmit, dan Receive.
Unsur Teknologi yang tergabung dalam TI : Teknologi Komunikasi dan Teknologi Komputer
TI diperlukan untuk mempermudah penyampaian materi dan informasi, Memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas, dan efisiensi.
2. Komputer secara bahasa berarti to count atau to compute yang berarti untuk menghitung.
Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri dari 3 komponen utama yaitu Soptware , Brainware dan Hardware, melalui tahapan Masukan (Input), Proses dan penyimpanan (storeage) dan keluaran (output) berguna untuk mempermudah hidup manusia dalam pemrosesan informasi.
3. Piranti masukan (Input Device) adalah berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem komputer dengan cara atau mekanismenya memberi perintah ke komputer, berfungsi sebagai pintu masuk dari data yang akan diolah oleh piranti pemroses. Adapun jenis-jenis piranti masukan antara lain: papan kunci (keyboard), tetikus (mouse), pemindai (scanner), track ball, joystick, kamera digital, webcam, voice recognition device, layar sentuh (touch screen).
Contoh dan Fungsi Input Device
Keyboard
§ Salah satu piranti input yang paling utama untuk berinteraksi dengan sistem komputer
§ Piranti terbaik untuk masukan berbentuk teks.
§ Tombol pada keyboard dikelompokkan menjadi 4 bagian :
§ Tombol Fungsi (function key)
§ Tombol Alphanumerik (alphanumeric key)
§ Tombol Kontrol (control key)
§ Tombol Numerik (numeric key)
Mouse
§ Sebuah mouse menggabungkan dua operasi penting berbasis layar:
§ Kemampuan menggerakkan kursor, dan
§ Kemampuan memilih suatu obyek pada layar ke dalam satu piranti
§ Gerakan mouse pada permukaan datar menentukan gerakan kursor pada layar, mouse umumnya mempunyai 1 sampai 3 tombol pada bagian atas untuk pilihan obyek
AUDIO
Mikropon
Prinsip kerja mikropon adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik
Automatic Speech Recognition (ASR)
Sistem ASR dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat, sistem ini memiliki: penganalisis, pengklasifikasi pola, dan pemrosesan bahasa
Joystick
Gerakan kursor pada joystick dikendalikan sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas
Sifat Joystick :
§ Membutuhkan tempat yang sedikit
§ Tidak mengganggu layar
Harganya murah, sehingga banyak digunakan pada permainan komputer (game)
Trackball
Dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola. User hanya menggerakkan bola utk memindahkan kursor
Sifat trackball:
§ Mudah dipelajari
§ Membutuhkan sedikit ruangan (seperti joystick)
§ Salah satu piranti penuding yang terefisin (dalam hal ketepatan dan kecepatan)
Light Pen
Merupakan pena yang membangkitkan informasi ketika ditudingkan pada layar. Ketika light pen ditudingkan pada tampilan CRT, sebuah lensa memfokuskan setiap cahaya yang dipancarkan dari layar menuju sebuah detektor cahaya atau photocell
Permasalahan pada light pen:
- Pena dpt mengganggu layar
- Gampang rusak atau patah
- Melelahkan tangan
Touchpad
Peranti penunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser penunjuk pada layar monitor dengan cara menggeserkan tangan di atasnya. Untuk melakukan “klik” dilakukan dengan mengetuk touchpad
Touch Screen
- Digolongkan dalam panel sensitif sentuhan
Keuntungan touch screen:
· Cepat & tdk membutuhkan pointer khusus
· Baik utk pemilihan menu
· Membutuhkan sedikit atau tanpa tambahan ruang kerja
Kerugian :
· Jari-jari dapat mengotori layar
· Jari tangan bukan alat penuding yang presisi, terutama untuk untuk menuding bagian-bagian daerah yang kecil
Scanner
Merupakan peranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto, bahkan juga tulisan tangan. Hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan di dalam disk.
· Piranti Keluaran (OUTPUT DEVICE) adalah piranti yang digunakan oleh pemakai untuk menampilkan atau memperdengarkan hasil proses data komputer
Piranti keluaran terdiri dari :
· Visual output – Teks, Grafik dan Video
· Audio output – Suara, musik
Contoh dan Fungsi Input Device
Piranti keluaran antara lain:
monitor; printer; plotter; voice output device (speaker), optical drive dan computer output
microfilm device.
MONITOR
· Merupakan alat untuk menampilkan hasil pemprosesan data
· Dalam istilah computer informasi yang tampak pada monitor dinamakan soft copy
PRINTER
Alat untuk mencetak informasi pada kertas
AUDIO OUTPUT
· Alat untuk mengeluarkan suara
· Dapat digunakan jika computer sudah berbasis Windows atau multimedia
· Bisa digunakan untuk format digital WAV, MPEG, MP3, dan MIDI
4. Perangkat Lunak (Software) adalah Program yang berisi instruksi atau perintah untuk melakukan proses pengolahan data.
5. Program Aplikasi (Application Program) adalah perangkat lunak berupa program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk program tertentu atau Program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik.
Contoh
· Word Processing (Pengolah kata) : Ms. Word
· Spreadsheet (Pengolah angka) : Ms. Excel
· Presentasi : Ms. Powerpoint
· Design Grafis (Pengolah Gambar) : Adobe Photoshop,Corel Draw,Microsoft Picture Manager
· CAD (Computer Aid Design) : AutoCAD, 3Dmax
· Multimedia : Winamp, Media Player, Real Player, Cyberlink Power DVD
· Internet Browser : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome
· Jenis jenis perangkat lunak (software) yang ada dipasaran
- Windows OS (Win XP, Win 7, Win Vista)
- Linux OS
- Antivirus (Mc Afee, Avira, dll)
- Microsoft Office (Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Powerpoint,Ms. Access)
- Adobe photoshop
- Corel draw
- dll
B. Peranan Teknologi Informasi dalam meningkatkan Semangat Belajar Siswa
Dalam kegiatan belajar mengajar, guru memegang peranan penting dalam mengelola dan membimbing siswa agar tujuan pembelajaran yang kita inginkan dapat tercapai dengan baik.
Agar kegiatan pembelajaran tersebut menyenangkan dan diminati siswa, maka inovasi dan kreativitas guru sangat dibutuhkan untuk menunjang segala apa yang menjadi tujuan kurikulum sekolah tersebut.
Kehadiran teknologi informatika dewasa ini sudah begitu merambah dari perkotaan sampai pedesaan sehingga peranan teknologi informatiaka pun sangat menunjang di dalam upaya upaya meningkatkan semangat belajar siswa tentunya harus didukung dengan kesiapan guru dalam menguasai teknologi informatika, karena bagaimanapun canggihnya teknologi informatika kalau tidak ditunjang dengan kesiapan guru dalam menerima dan memanfaatkan ternologi tersebut akan sia sia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar